≡ Menu

Mengenal Konservasi Alam

Konservasi alam sering kita dengar dari berbagai sumber media, baik itu cetak maupun elektronik. Dan pada ruang lebih sempit, kegiatan konservasi alam sering kita dengar dilakukan oleh sekelompok orang yang menamakan diri dengan sebutan Pecinta Alam.

Saat ini keberadaan klub Pecinta alam tumbuh subur di Indonesia ini, seperti jamur dimusim hujan. Dengan kondisi alam yang begitu mendukung kegiatan tersebut. Sebuah usaha positif dalam menyalurkan kegiatan tersebut. Namun terbersit kekhawatiran dengan banyaknya klub / kelompok pecinta alam tersebut. Apalagi bila kehadiran klub – klub ini tidak diiringi misi dan visi yang jelas dalam organisasinya.

Mereka yang menamakan dirinya pecinta alam seharusnya menjadi ujung tombak dalam pelestarian alam ini bukan justru sebaliknya. Lihatlah gunung – gunung di Indonesia, banyak yang kotor oleh sampah.

Pecinta Alam bukanlah mereka yang yang telah menggapai atap – atap dunia, bukan mereka yang berhasil melakukan ekspedisi yang berbahaya, bukan pula mereka yang ahli dalam mendaki. Tapi mereka adalah orang – orang yang mau menjaga kebersihan lingkungandimana mereka berada.

Sudah banyak manusia – manusia yang telah menggapai atap – atap dunia, tapi hanya segelintir orang yang benar – benar sebagai pecinta alam. Semoga kita termasuk segelintir orang yangpeduli dengan alam.

Konservasi itu sendiri merupakan berasal dari kata Conservation yang terdiri atas kata con ( together ) dan servare ( keep / save ) yang memiliki pengertian mengenai upaya memelihara apa yang kita punya ( keep / save what you have ), namun secara bijaksana ( wise use ). Ide ini dikemukakan oleh Theodore Roosevelt ( 1902 ) yang merupakan orang Amerika pertama yang mengemukakan tentang konsep konservasi.

Sedangkan menurut Rijksen ( 1981 ), konservasi merupakan suatu bentuk evolusi kulturaldimana pada saat dulu, upaya konservasi lebih buruk daripada saat sekarang. Konservasi juga dapat dipandang dari segi ekonomi dan ekologi dimana konservasi dari segi ekonomi berarti mencoba mengalokasikan sumber daya alam untuk sekarang, sedangkan dari segi ekologi,konservasi merupakan alokasi sumber daya alam untuk sekarang dan masa yang akan datang.

Apabila merujuk pada pengertiannya, konservasi didefinisikan dalam beberapa batasan, sebagai berikut :

1. Konservasi adalah menggunakan sumber daya alam untuk memenuhi keperluan manusia dalam jumlah yang besar dalam waktu yang lama ( American Dictionary ).

2. Konservasi adalah alokasi sumber daya alam antar waktu ( generasi ) yang optimal secara sosial ( Randall, 1982 ).

3. Konservasi merupakan manajemen udara, air, tanah, mineral ke organisme hidup termasuk manusia sehingga dapat dicapai kualitas kehidupan manusia yang meningkat termasuk dalam kegiatan manajemen adalah survai, penelitian, administrasi, preservasi, pendidikan,pemanfaatan dan latihan ( IUCN, 1968 ).

4. Konservasi adalah manajemen penggunaan biosfer oleh manusia sehingga dapat memberikan atau memenuhi keuntungan yang besar dan dapat diperbaharui untuk generasi – generasi yang akan datang ( WCS, 1980 ).

Source: belantaraindonesia.org

Thanks for visiting Opiek Tidung Website - paket Pulau Tidung Tour & Travel Guide. Please don't hesitate to Contact Us, if any questions or inquiries.

Did you like this? Share it:

Comments on this entry are closed.